Project Next Bikin Game MLBB Jadi Berubah Total

Project Next Bikin Game MLBB Jadi Berubah Total

September 24, 2020 0 By admin

Ada Apa Dengan Project Next Mobile Legends (MLBB)?

Game multiplayer online battle arena atau biasa disebut MOBA buatan Montoon, Mobile Legends: Bang Bang sedang melakukan pembaruan update besar-besaran.

Melalui pembaruan game MLBB bertema “Project Next” yang baru diperkenalkan waktu lalu, berbagai aspek di game, seperti visual dan mekanisme permainan, dirubah semuanya oleh Montoon.

Seharusnya pembaruan game yang dilakukan membawa kabar baik, misalnya peningkatan dan optimasi. Sebagian pemain game moba MLBB sepertinya kurang puas dengan pembaruan yang dilakukan kali ini dan berkeluh kesah di media sosial soal perubahan game setelah update berjalan.

Satu hal yang kebanyakan dikeluhkan yakni kualitas visual pada game tersebut, terutama karakter alias hero,dan tampilan keseluruhan yang kini dinilai lebih buruk dari sebelumnya.

Selain membahas mengenai hero, tampilan equip di dalam game, dan mekanisme jungling juga kena perombakan. Sebagian pemain mengeluhkan atas perubahan ini yang mana membuat mereka menjadi sulit untuk beradaptasi pada MLBB.

Pada awalnya semua hero bisa menggunakan item jungling untuk mereka bisa lebih mudah untuk farming beragam monster hutan, yang bertujuan untuk mendapat gold, exp atau menaikan level heri dengan cepat.

Tetapi, berbeda setelah adanya project Next, yang mana pemain wajib menggunakan battle spell seperti Retribution agar mereka bisa membeli item jungling.

Retribution adalah satu dari 12 battle spells yang mempunyai fungsi untuk membantu pemain dalam membunuh monster hutan, dan menaikan level hero. Battle spell wajib dipilih sesuai kebutuhan sebelum masuk ke permainan karena, saat permainan berjalan battle spell tidak bisa diubah lagi.

Belum lagi jalur (lane) sebelah atas (top) dan bawah (bottom) kini diganti dengan istilah baru, yakni “Gold Lane” untuk top lane dan “Exp Lane” untuk bottom lane.

Seperti namanya, jalur Exp Lane disebut cocok untuk hero berjenis fighter atau tank guna mendapatkan experience points ekstra. Sementara itu, Gold Lane cocok untuk hero berjenis marksman sehingga mereka bisa mendapatkan gold tambahan untuk mendominasi permainan.

Menurut pandangan sebagian pemain, perubahan yang dilakukan oleh Moonton lewat “Project Next” malah terkesan “mencontek” game kompetitor seperti Arena of Valor (AoV) dan League of Legends (LoL Wild Rift).

Adanya update Project Next ini bukan hanya memiliki tujuan untuk mempercantik tampilan visual MLBB secara keseluruan, melainkan juga menyesuaikan atau menyeimbangkan kekuatan antar hero dari peran mereka masing-masing.

Montoon memberikan pernyataan bahwasannya pihaknya akan melakukan berbagai penyesuaian mengenai update Project Next seiring berjalannya waktu nantinya. “Kami akan tetap memantau penyesuaian terbaru ini dan bisa menyesuaikannya kembali di kemudian hari, tergantung penerapannya di dalam game,” jelas pihak Montoon.