Pro Kontra Mobile Legends Esports SEAGames 2019

Pro Kontra Mobile Legends Esports SEAGames 2019

April 21, 2019 0 By vidi

Perkembangan budaya mendorong lebih banyak orang memiliki hobi sebagai gamer. Perkembangan ini juga membuat esports lebih diterima sebagai kompetisi global. Perkembangan ini bahkan membuat esports akan ditambahkan sebagai cabang SEA Games 2019. SEA Games adalah event olahraga yang tentunya cukup bergengsi di lingkup negara – negara ASEAN dan jika esports sudah diterima di sini, bisa saja esports di terima di lingkungan kompetisi lebih besar seperti Olympic.

Mobile Legends di SEA Games 2019

sea games mlbb 1

MLBB

Bagi Anda yang mengikuti beritanya, kamu tentu tahu bahwa Mobile Legends: Bang Bang juga masuk pada game yang akan dikompetisikan pada SEA Games 2019 ini. Banyak orang dan gamer sebenarnya kaget waktu ada bahasan ini pertama kali. Saat orang membayangkan esports, mereka lebih sering melihat DoTA 2, LoL dan CSGO sebagai game pilihan.

Tapi setelah lama waktu berlalu, orang – orang tentu lebih menerima hal ini. Hal seperti kompetisi Piala Presiden yang sukses mampu mengangkat game ini sebagai esports kompetisi pilihan adalah salah satu faktornya. Selain itu kabar bahwa game ini juga populer di kalangan ASEAN membuat orang memaklumi.

Bagi kamu yang belum tahu, alasan awal game ini masuk menjadi kategori adalah lokasi tempat diadakannya event ini. Event SEA Games 2019 akan diadakan di Filipina dan negara ini terkenal memiliki banyak player Mobile Legends. Jika masuknya kategori game ini mampu menekan banyak penonton untuk menonton event ini, banyak orang akan diuntungkan.

Event seperti SEA Games ini biasanya mendapatkan pemasukan dari besarnya penonton, baik itu yang membeli tiket ataupun dari rating di media TV. Jika esports sukses dijual di event olahraga seperti ini, mimpi esports diterima sebagai ajang kompetisi yang legit akan cepat terwujud. Gambar Mobile Legends mampu bersanding dengan banyak banner kompetisi lain tentu sebuah hal yang baik. Coba bayangkan banner cabang kompetisi catur profesional dan logo game ini dapat dipajang dalam satu event besar!

Pro Kontra Mobile Legends di SEA Games 2019

sea games mlbb 1

MLBB

Walaupun sudah mereda sekarang, saat pertama kali pengumuman nama game diumumkan, hal ini disambut dengan banyak pro kontra. Sebagian orang merasa event olahraga jangan dicampur dengan event kompetisi yang tidak menggunakan kekuatan fisik.

Pandangan ini menilai kompetisi esports seharusnya dibuat event tersendiri dan tidak masuk ke SEA Games. Di sisi lain ada yang menerima esports sebagai hal yang positif. Hal ini berbasis dengan ajang kompetisi non fisik seperti catur.

Alasan menghubungkan catur dengan esports ini banyak ditentang oleh kubu lain. Hal ini karena ajang catur memang sudah disingkirkan pada ajang SEA Games yang sebelumnya. Tapi alasan ini sebetulnya karena catur tidak menarik banyak penonton dan bukan karena tidak tergolong kompetisi serius. Di ajang SEA Games sekitar era 90 sampai 2000-an, catur termasuk ajang yang dipertandingkan saat masih banyak yang menyukainya.

sea games mlbb 1

MLBB

Pro kontra ini untungnya makin meredup mengingat perkembangan zaman yang mulai menerima esports. Di sisi lain, Piala Presiden yang merupakan event sepak bola pada awalnya sekarang juga sukses mengadakan esports Mobile Legends. Jadi tidak ada masalah satu event kompetisi digunakan untuk merayakan turnamen olahraga dan kompetisi non fisik seperti esports.