Petisi Mencapai 50.000, Erick Siap ke Kemenpora

Petisi Mencapai 50.000, Erick Siap ke Kemenpora

July 8, 2019 0 By vidi

Kisruh panas antara pemilik Louvre dengan Moonton sepertinya belum mencapai titik terang. Jika Anda mengikuti isu yang berkembang dalam dunia Mobile Legends Indonesia, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah antara Louvre dan Montoon. Bos Louvre, Erick Herlangga, memang sering sekali mengkritisi kebijakan dari Moonton. Kebijakan terakhir yang ia kritisi adalah tentang investasi MPL Season 4 yang nilainya sekitar Rp 15 miliar. Ia pun membuat petisi yang sekarang ini sudah mendapatkan hingga lebih dari 50 ribu tanda tangan.

Anda pasti sudah tahu kan isi petisi yang digagas dari Erick Herlangga ini? Petisi ini hadir untuk menanggapi investasi Rp 15 miliar yang diputuskan oleh Moonton untuk bisa mengikuti MPL Season 4. Erick menganggap bahwa investasi tersebut sudah masuk praktik jual beli yang dikhawatirkan akan mencederai ekosistem esports di Indonesia. Dengan biaya turnamen yang sangat mahal tersebut, dikhawatirkan akan melahirkan semacam monopoli turnamen. Nah, isi petisi tersebut secara garis besar adalah menolak aturan pembayaran investasi tersebut.

indosport

Petisi tersebut ditujukan untuk Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Olahraga Imam Nahrawi, dan juga Kepala BEKRAF Triawan Munaf. Mereka adalah pihak-pihak yang punya peran sebagai pengambil keputusan secara struktural untuk esport di Indonesia. Jika petisi tersebut ditandatangani oleh banyak pecinta Mobile Legends di Indonesia, Erick pun berencana akan membawa petisi tersebut ke Kementerian Pendidikan dan Olahraga.

Tak hanya Erick, ternyata petisi tersebut mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, terutama komunitas Mobile Legends pada umumnya. Sampai berita ini dimuat, petisi ini sudah ditandatangani hingga 50.407. Padahal, pada Sabtu lalu, jumlah tanda tangan baru mencapai 48 ribuan. Ini tentu menjadi kabar bahagia bagi Erick yang sudah susah payah menggagas petisi tolak investasi ini.

Dengan modal dukungan dari komunitas Mobile Legends di Indonesia, Erick pun berencana akan membawa petisi ini ke Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora). Ia ingin membahas lebih lanjut permasalahan ini dengan pihak Kemenpora. Apakah hal ini akan benar-benar terjadi?

Dalam postingan instastorinya beberapa waktu lalu, Bos Louvre ini menuliskan bahwa ia akan menuju Kemenpora pekan depan untuk membahas aspirasi para komunitas Mobile Legends Indonesia. Tentu saja pertemuan antara Erick Herlangga dengan pihak Kemenpora atau bahkan langsung dengan Menpora Imam Nahrawi ini akan menjadi sangat krusial. Tak hanya untuk Erick Herlangga yang menggagas petisi ini, tetapi juga untuk Moonton selaku pengembang Mobile Legends.

Sampai sekarang, petisi ini masih terbuka dan mengejar hingga 75 ribu tanda tangan lagi. Pihak komunitas pun sepertinya tidak berhenti untuk mengupayakan tolak investasi Rp 15 miliar yang digagas oleh Bos Louvre. Akan seperti apa kelanjutan konflik antara Louvre dengan pihak Moonton? Kita nantikan saja kelanjutan kisah yang menarik perhatian ini.

Sampai saat ini, Moonton pun belum memberikan konfirmasinya lagi. Pernyataan terakhir yang mereka sampaikan adalah tentang tujuan pemberlakuan dana investasi sebesar Rp 15 miliar yang sepenuhnya dialokasikan untuk pengembangan esports di Indonesia. Ia juga menyampaikan bahwa akan segera menggelar konferensi pers tentang MPL Season 4 pada 23 Juli 2019 mendatang. Setelah itu, tidak ada pernyataan lainnya lagi.

Konflik yang berkepanjangan ini tentunya menjadi sesuatu yang menarik untuk diikuti. Di sisi lain, apa yang disampaikan oleh Erick Herlangga memang ada benarnya. Akan tetapi, belum tentu Moonton juga bersalah karena keputusan ini. kita tunggu saja kabar terbarunya nanti!