MSC 2019 Dimulai, Bagaimana Peluang Indonesia?

MSC 2019 Dimulai, Bagaimana Peluang Indonesia?

June 19, 2019 0 By vidi

Mobile Legends Southeast Asia Cup 2019 atau yang sering disebut dengan MSC 2019 akan berlangsung hari ini, yaitu 19 – 23 Juni 2019 untuk Group Stage. Pertandingan yang diikuti oleh 12 tim dari 9 negara dari kawasan Asia Tenggara ini sudah siap digelar. Tim-tim terbaik dari masing-masing negara akan siap bertanding di Smart Araneta Coliseum, Manila, Filipina. Lalu, bagaimana peluang Indonesia?

Tim Indonesia untuk cabang esports Mobile Legends bisa dibilang sudah cukup kuat. Kali ini, Indonesia diwakili oleh dua tim yang cukup bisa diandalkan, yaitu Onic Esports dan juga Louvre. Onic Esports sendiri merupakan pemenang MPL Season 3, sementara Louvre adalah runner up untuk MPL Season 3. Pertandingan MSC 2019 sendiri akan dimulai dengan babak Group Stage yang akan diselenggarakan hari ini, yakni Rabu, 19 Juni 2019.  Dua belas tim ini dibagi ke dalam 4 tim, yaitu group A, group B, group C, dan Group D. Mari kita simak bersama peluang tim-tim asal Indonesia.

Dua tim yang berasal dari Indonesia berada di dua tim yang berbeda. Louvre masuk ke dalam Grup C bersama dengan sang juara MPL Myanmar, yaitu Ream Resolution dan satu tim lagi adalah Diversity Helheim yang merupakan juara kualifikasi Kamboja. Lalu, salah satu tim Indonesia lain, yaitu Onic Esports berada pada group D dan akan melawan runner up MPL Myanmar, yaitu Burmese Ghouls. Lalu, satu tim lagi yang akan berjuang di Grup D adalah Wawa Gaming yang merupakan juara kualifikasi Laos.

Pada babak penyisihan grup ini, posisi tim Indonesia bisa dibilang cukup aman. Ini berdasarkan sejarah kedua tim asal Indonesia dibandingkan dengan tim lawan.

Kita bahas dulu peluang Onic Esports dalam Group D. Ada Burmese Ghouls dan Wawa Gaming yang akan menjadi lawan Onic. Burmese Ghouls pernah berpartisipasi dalam turnamen SEACOC, sayangnya ia gagal menembus babak semifinal karena kalah melawan EVOS SG dan juga Geek Fam. Sementara Wawa Gaming jarang sekali berpartisipasi dalam kejuaraan internasional. Melihat fakta ini, tim Onic sepertinya mempunyai peluang.

Sementara itu, di Grup C kita memiliki Louvre yang akan melawan Team Resolution dan juga Diversity Helheim. Tim yang perlu diwaspadai Louvre tidak lain adalah Team Resolution yang merupakan juara MPL Myanmar. Tim ini mungkin mempunyai strategi yang tak terduga. Louvre perlu waspada dengan tim ini. Lalu, untuk tim Diversity Helheim, sepertinya Louvre akan bisa mengatasinya dengan baik. Tim asal Kamboja ini jarang terdengar namanya di kejuaraan internasional. Meski begitu, Louvre juga harus mengantisipasi strategis-trategi yang mungkin tak terduga.

Yang lebih menarik lagi, babak penyisihan grup ini tak menggunakan sistem eliminasi tim. Format group stage adalah BO3. Jadi, tidak akan ada eliminasi. Tim yang berhasil mendapatkan poin tertinggilah yang berhak melaju ke level upper bracket. Posisi ke-2 dan ke-3 akan masuk ke level lower bracket. Berdasarkan analisa permainan yang telah dijelaskan di atas, peluang dua tim asal Indonesia untuk bisa menduduki posisi upper bracket sangat tinggi.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Group Stage MSC 2019 akan dilaksanakan pada 19 – 23 Juni 2019. Setelah itu, pertandingan akan berlanjut ke babak Playoff pada 21 – 23 Juni 2019. Kita doakan saja semoga dua tim yang mewakili Indonesia ini bisa bermain bagus pada group stage MSC 2019 sehingga bisa lanjut ke babak playoff.