Moonton Sebut 8 Tim Siap “Investasi” di MPL S4

Moonton Sebut 8 Tim Siap “Investasi” di MPL S4

July 4, 2019 0 By vidi

Mobile Legends Pro League (MPL) Season 4 memang menjadi topik pembahasan yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh pecinta Mobile Legends. Bagaimana tidak? Turnamen yang seharusnya bisa diikuti dengan mudah oleh para tim, sekarang ini, menerapkan aturan baru untuk tim yang ingin berkompetisi. Kabarnya, tiap tim yang ingin mendapatkan tempat dalam kejuaraan ini harus membayar “investasi” yang jumlahnya tidak sedikit. “Investasi” yang dibayarkan masing-masing tim adalah Rp 15 miliar. Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Isu inilah yang saat ini sedang panas dibahas. Pemilik Louvre, Erick Herlangga, juga semoar angkat bicara mengenai hal ini. Bahkan, ia menggagas petisi untuk menolak biaya “investasi” yang nominalnya sudah tak wajar tersebut. Adanya sistem “investasi” ini, dikhawatirkan akan mencederai semangat esports. Biaya yang mahal ini bisa membuat kompetisi menjadi tidak adil. Mengapa? Karena hanya ada tim-tim besar dan kaya saja yang bisa mengikuti kompetisi ini.

Lebih lanjut, Erick Herlangga juga secara tegas mengatakan bahwa ia tidak akan mengikutsertakan tim Mobile Legends Louvre untuk mengikuti MPL Season 4. Aksi tegas ini adalah bukti nyata ketidaksetujuan Louvre atas keputusan yang dibuat oleh Moonton.

Menanggapi isu ini, Moonton selaku pengembang Mobile Legends juga memberikan klarifikasinya terkait tim MPL yang diharuskan membayar sejumlah uang. Menurut pendapat Moonton, investasi yang jumlahnya Rp 15 miliar per tim hanya dilakukan satu kali secara bersama-sama. Akan ada banyak inisiatif yang akan direncanakan dan diluncurkan di dalam waktu dekat nanti menggunakan dana investasi. Yang jelas, dana investasi ini akan dimanfaatkan seutuhnya untuk komunitas Esports di Indonesia.

Seluruh investasi yang jumlahnya tidak sedikit ini juga dapat memperlihatkan komitmen Moonton dalam jangka panjang untuk seluruh tim dan para pemain. Dalam klarifikasi tersebut, Moonton juga menyebutkan ada 8 tim yang akhirnya terpilih untuk mengikuti MPL Season 4. Pemilihan tersebut tidak semata-mata berdasarkan kemampuan tim dalam membayar investasi. Akan tetapi, mereka memperlihatkan tekad yang kuat dan juga ketulusan untuk membangun komunitas Esports Indonesia untuk menjadi lebih baik.

Satu lagi, Moonton juga menjelaskan bahwa turnamen pihak ke-3 ataupun turnamen di luar MPL, masih tetap dapat diikuti tanpa biaya seperti yang sudah selama ini terjadi. Moonton juga akan terus mendukung dan berinvestasi untuk membangun turnamen-turnamen Mobile Legends, seperti MIC dan yang lainnya.

Itulah inti klarifikasi yang telah dirilis oleh pihak Moonton. Berkaitan dengan klarifikasi tersebut, muncul rumor tentang siapa 8 tim yang akan bertanding dalam MPL Season 8. Para komunitas pun kembali dibuat penasaran.

Menurut informasi dari akun instagram lain milik DayLen Reza, yaitu @saintsdaylen91, ia mengunggah postingan mengenai inisial 8 tim yang akan berkompetisi dalam MPL Season 4. Dari inisial nama tim yang disebutkan oleh DayLen melalui update instastory, para komunitas pun mulai berspekulasi. Dari banyaknya kemungkinan tim yang akan bertanding, yang paling banyak di-mention adalah Aura Esports, RRQ, Aerowolf, Bigetron, Geek Fam Indonesia, Alter Ego, Onic Esports, dan yang terakhir adalah EVOS Esports.

Nama-nama tim yang disebutkan di atas masih rumor. Yang jelas, belum ada keterangan resmi dari Moonton terkait siapa 8 tim yang akan bertanding dalam MPL Season 4. Moonton sendiri baru akan melakukan konferensi terkait MPL S4 pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang. Kita tunggu saja kabar resmi dari pihak Moonton.