Mobile Legends termasuk Game Esports Mobile?

Mobile Legends termasuk Game Esports Mobile?

April 26, 2019 0 By kabylake

Pada saat perkembangan game esports mobile, tidak ada yang menyangka bahwa platform yang dikatakan untuk game casual ini dapat menampung potensi sebagai media game esports. Sebetulnya game di mobile platform sudah cukup banyak yang berupa game kompetitif, tapi tidak ada yang melihat potensialnya sebagai game besar yang mampu tumbuh menjadi seperti DoTA 2 ataun LoL. Sampai akhirnya datanglah Mobile Legends Bang Bang yang pada awal kemunculannya sudah ditujukan sebagai game kompetisi serius untuk mobile.

Faktor Pendukung

msc mobile legends

Tidak ada yang tahu bagaimana pihak Moonton memutuskan untuk membuat game moba mobile ini dari awal, tapi beberapa diskusi dan rumor banyak membahas hal ini. Hal yang paling banyak dibahas adalah perkembangan teknologi mobile yang siap menerima game besar yang lebih kompetitif. Pada awalnya game yang populer di area ini hanyalah puzzle dan gacha game tapi seiring perkembangan waktu, RPG, strategy dan action masuk ke area ini. Perkembangan ini memunculkan ruang untuk kontent PVP yang lebih kompleks.

Hal yang paling mengguncang mobile game di area kompetitif adalah Hearthstone. Game yang berupa digital card game ini mampu membawa game besar buatan Blizzard ke pasar mobile. Sebagai game buatan Blizzard, tentu game ini memiliki sisi esports yang baik. Dari awal, player base meminta Blizzard untuk membuat event tournament dan mengganggap game ini lebih serius. Hal ini tentunya terwujud setelah Blizzard mampu membuat game ini mamu dimainkan antara PC dan mobile. Karena hal ini banyak orang bisa bertanding dan mengadakan tournament antar platform.

Kompetisi mobile ini akhirnya makin bekembang dan disusul oleh banyak game lain. Karena Hearthstone membuktikan adanya pasar untuk game dengan kompetisi serius, banyak developer memutar otak untuk memanfaatkannya dengan lebih baik. Adanya faktor keinginan pasar dan teknologi membuat Moonton mengambil kesempatan untuk membuat Mobile Legends Bang Bang ini.

Mengambil Kesempatan

mobile legends

Di area mobile, game dengan genre moba belum banyak populer. Moonton dengan memanfaatkan tema dan grafis yang menarik, tentu membawa para player mencoba game ini. Banyak orang membandingkan grafik menarik ini sama dengan LoL, walau memang style art-nya mirip, perbedaan tentu banyak terlihat. Keunikan dari game ini tidak bisa diibilang sebagai clone semata.

Setelah diterima oleh player, Moonton menawarkan ke pasar bahwa game ini akan memiliki sisi kompetitif serius. Penawaran ini ditunjukan dengan pengadaan event tournament besar dengan sponsor langsung dari Moonton. Walaupun tidak begitu populer di area barat (Eropa dan North Amerika) event Mobile Legends ini cukup subur di kalangan Asia. Bahkan pada 2018 – 2019, banyak pihak ketiga di luar Moonton telah mengadakan tournament Mobile Legends-nya sendiri.

Pasar China, Korea, Jepang dan ASEAN adalah pasar yang paling sukses menyerap Mobile Legends. Pertumbuhan ini sepertinya seiring dengan perkembangan platform smartphone yang makin meluas. Jika dilihat, tidak semua orang bisa bermain DoTA 2 di komputer yang baik, alternatifnya, mereka memiliki smartphone yang tidak semahal PC tapi bisa bermain moba berkat Mobile Legends..

Sekarang ini jika kamu belum download Mobile Legends, kamu tentu rugi. Sebentar lagi event SEA Games juga akan menggunakan Mobile Legends sebagai kategori kompetisi. Jika tidak mau ketinggalan, download Mobile Legends apk sekarang!