Mengatasi Game Addiction Peserta Turnamen MLBB

Mengatasi Game Addiction Peserta Turnamen MLBB

April 16, 2019 0 By vidi

Di era espots sekarang ini, banyak pelajar yang ingin menjadi atlet pro Mobile Legends bermain untuk latihan. Tapi masalah mulai muncul bagi para pemain muda ini jika mereka menggunakan alasan latihan ini untuk tidak belajar atau menjadi kurang istirahat. Masalah seperti ini merupakan game addiction dan harus segera diperbaiki.

Meraih cita – cita tentu penting dan tidak ada orang yang melarang kamu berlatih untuk kompetisi. Tapi bagi anak – anak, belajar adalah hal yang utama dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Bagi kamu yang merasa kamu mulai terlalu sering bermain Mobile Legends Bang Bang, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi masalah ini

Buat Jadwal Latihan

MLBB PC 3

youtube

Hal yang bisa kamu lakukan sendiri jika merasa kamu terlalu banyak bermain game adalah membatasi diri dengan membuat jadwal. Misal kamu memberi waktu luang 2 sampai 4 jam sehari untuk bermain. Jam main ini tentu bisa dibagi sesuai kesibukan kamu.

Misal kamu memiliki jatah bermain 4 jam, kamu gunakan 2 jam waktu bermain setelah pulang sekolah dan 2 jam pada malam hari sebelum tidur. Jika sudah terjadwal seperti ini kamu bisa membatasi diri agar tidak terlalu kebablasan bermain Mobile Legends.

Minta Bantuan Orang Tua Untuk Mengingatkan

hsl

hsl

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah berdiskusi dengan orang tua. Katakan bahwa kamu ingin ikut turnamen game Mobile Legends tapi tetap ingin disiplin menjalani kewajiban belajar. Orang tua biasanya akan mendukung kamu jika kamu tidak berlebihan bermainnya.

Berikan jadwal yang telah kamu susun sendiri untuk waktu bermain dan latihan lalu minta bantuan mereka untuk mengawasi. Hal ini tentu akan membantu kamu jika kamu lupa waktu ataupun kebablasan. Tentu jika waktu habis saat di tengah match, kamu minta izin menyelesai match itu baru berhenti agar tidak mengecewakan para teammate kamu.

Bermain Sebagai Reward

hsl

hsl

Bermain game setelah menjalankan tugas akan memberi kepuasan tersendiri. Hal ini tentunya akan membantu kamu lebih giat menjalankan tugas sehari – hari. Contoh setelah mengerjakan PR hari ini, kamu mendapat reward bermain 1 jam. Jika kamu menyelesaikan tugas belajar hari ini, kamu dapat waktu bermain 2 jam. Hal ini bisa ditumpuk dan dinikmati saat kamu memiliki waktu kosong.

Jika berhasil melakukan hal di atas, kamu bisa melangkah ke jalur prestasi esports dengan lebih baik. Banyak pelajar yang bermain di turnamen seperti HSL dan mampu memastikan tetap belajar untuk sekolah. Para penyelenggara turnamen besar untuk siswa biasanya membutuhkan data nilai dan laporan prestasi di sekolah untuk mengizinkan kamu berkompetisi. Jadi jika kamu lalai belajar dan mendapat nilai rendah, tentu kesempatan kamu bersaing di kompetisi serius juga akan berkurang.

Download Mobile Legends sebagai jalur berprestasi bukan sebagai escape belaka. Bermain game untuk fun ataupun cita – cita tentu bukan masalah, hal yang bermasalah adalah menggunakan hal ini sebagai alasan untuk melalaikan kewajiban belajar.