IENC 2019 Undang BOOM ID, BTR, Onic, dan Louvre

IENC 2019 Undang BOOM ID, BTR, Onic, dan Louvre

June 13, 2019 0 By vidi

Indonesia Esports National Championship (IENC) 2019 adalah sebuah turnamen besar di Indonesia yang bertujuan untuk menyaring atlet-atlet esports di Indonesia. Mereka yang berhasil menjadi tim terbaik akan mewakili kontingen esports Indonesia untuk melaju ke turnamen besar Asia Tenggara, yaitu SEA Games 2019. Seperti yang kita ketahui bersama, pada akhir tahun 2019 lalu, pihak penyelenggara SEA Games sudah mengumumkan bahwa akan ada cabang olahraga esports yang akan digelar pada turnamen olahraga terbesar tersebut. IENC 2019 adalah jalur resmi untuk seleksi negara.

IENC dibuat oleh IESPA yang sekaligus menjadi kesempatan tiap tim atau organisasi esports yang ada di Indonesia untuk menjadi wakil Indonesia pada gelaran Sea Games 2019. Cabang Esports yang akan dipertandingkan dalam IENC 2019 ini adalah Mobile Legends, Dota 2, dan juga Tekken7. Tim-tim besar seperti BOOM ID, Bigetron (BTR) Esports, Onic Esports, dan Louvre sudah mendapat undangan untuk meramaikan turnamen ini. Lalu, sudah siapkah Anda untuk menyaksikan kemeriahan pertandingan esports ini?

Untuk cabang esports Dota 2, telah ada 1 tim yang akan langsung melaju ke babak maint event. Tim tersebut adalah BOOM ID. Ia telah mendapat undangan langsung oleh IENC 2019. Seperti yang telah kita ketahui bersama, BOOM ID bisa dibilang sebagai tim raksasa untuk DOTA 2. Bahkan, untuk cabang esports ini, BOOM ID termasuk tim yang diperhitungkan di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini sangat wajar karena BOOM ID sendiri sudah mendapatkan berbagai prestasi untuk divisi Dota 2 mereka. Prestasinya tak hanya pada turnamen tingkat nasional, tetapi juga tingkat internasional. Salah satu prestasinya adalah mengikuti 3 turnamen minor.

Selanjutnya, pada cabang olahraga Mobile Legends sudah ada 3 tim yang mendapat undangan untuk bisa langsung bermain di maint event IENC 2019. Tim yang dimaksud adalah ONIC Esports, Louvre dan BTR Esports.

Onic Esports sendiri merupakan Juara MPL S3. Louvre juga merupakan salah satu tim Mobile Legends yang patut diperhitungkan karena selalu mengikuti turnamen besar, seperti MPL dan MSC. Pada MPL S1, Louvre bahkan sempat masuk babak final. Sayangnya, ia harus puas dengan menjadi runner up. Sementara itu, BTR Esports juga termasuk organisasi epsorts yang cukup disegani. Untuk divisi Mobile Legends, BTR Esports telah menjuarai turnamen MLBB 208 MPL SG/MY S1. Dengan prestasi ini, tak heran ketiga tim tersebut mendapat undangan langsung untuk melaju ke babak main event.

Tim-tim yang sudah mendapatkan undangan untuk berlaga di maint event akan sama-sama memperebutkan satu tempat. Tim terbaik akan menjadi wakil indonesia pada kejuaraan SEA Games 2019. Main Event IENC 2019 ini akan dilaksanakan pada 13 hingga 14 Juli 2019 mendatang. Selain tim yang sudah diumumkan di atas, masih akan ada beberapa tim lain yang diundang untuk menuju main event. Kita nantikan saja kabar selanjutnya dari IENC.

Gelaran SEA Games yang juga dimeriahkan oleh hadirnya cabang esports tentu bisa meningkatkan kembali hype masyarakat pada olahraga digital. Di Indonesia, kompetisi Mobile Legends bisa dibilang sangat subur. Akan tetapi, untuk jenis game versi PC, Indonesia masih sangat tertinggal. Dengan adanya kompetisi SEA Games, diharapkan esports di Indonesia terus maju sehingga tidak kalah dengan negara-negara lain.

Kita nantikan keseruan main event yang akan berlangsung pada bulan depan. Akankah ada tim kuda hitam yang justru akan menjadi kontingen Indonesia dalam esports? Kita lihat saja nanti.