Faktor Indonesia Dukung Esports Mobile Legends

Faktor Indonesia Dukung Esports Mobile Legends

April 12, 2019 0 By vidi

Sekarang ini sepertinya Indonesia mulai bergerak mengakui game esports. Beberapa waktu lalu Piala Presiden sukses dilaksanakan untuk kategori game Mobile Legends. Hal ini tentu mengagetkan bagi kamu yang tidak begitu mengikuti game ini

Mobile Legends adalah moba untuk platform mobile yang tentunya tidak disangka mendapat dukungan dari pemerintah menjadi esports. Game dengan nama asli Mobile Legends Bang Bang ini sering dipandang sebelah mata karena masuk kategori mobile games.

Nah, bagi kamu yang penasaran mari bersama melihat apa yang menyebabkan game mobile ini mampu menjadi pilihan game esports di Indonesia.

Kesuksesan Event Turnamen di Tahun 2017 – 2018

ONIC dan SFI di MPL 2019 3

youtube

Pada era 2017 dan 2018, game moba mobile ini menjadi booming di tanah air. Pada saat itu para player hanya bermain game ini sekedar untuk mertandin dengan player lain. Tapi sepertinya booming game ini dianggap serius oleh pihak Moonton.

Menyongsong 2017, banyak organisasi mulai mengadakan turnamen– turnamen kecil yang mulai meluas dan ukurannya semakin besar. Alhasil di akhir tahun 2017, MSC yaitu kompetisi tingkat internasional game ini menjadi sukses.

Hal ini tentu menyadarkan banyak orang di Indonesia, bahwa game ini memiliki potensi esports yang tinggi. Di era 2018, banyak tim profesional esports mulai tumbuh di Indonesia. Mereka mulai bertempur di area kompetisi lokal, nasional dan bahkan internasional.

Hal ini tentu saja membuat suara esports Mobile Legends makin kencang. Sehingga pada tahun ini pemerintahpun dengan senang hati membuka kompetisi nasional Piala Presiden untuk esports game ini.

Adanya Perubahan Trend Pandangan Tentang Games

Piala Presiden Jokowi 1

MLBB

Faktor berikutnya yang membuat esports moba mobile ini menjadi besar adalah perubahan pandangan tentang game secara general. Sekarang hobi games tidak terlalu dipandang negatif. Sekarang hobi ini disamakan dengan nonton film atau mendengarkan musik.

Selain menjadi lebih umum, deskripsi gamer-pun menjadi lebih luas. Jika dulu, orang yang bermain game Candy Crush mungkin tidak bisa digolongkan sebagai gamer, tapi sekarang mereka termasuk category ini.

Hal inilah yang membuat pandangan game mobile moba ini juga tidak terlalu negatif. Walaupun ada saingan di sisi PC seperti DoTA 2 dan LoL, di mobile ada 2 game besar yang mendominasi genre moba, yaitu AoV dan Mobile Legends. Kedua game mobile ini tentu sekarang lebih diterima dibandingkan dulu.

Globalisasi dan Internet

Menpora Onic

Tempo

Pengaruh globalisasi dan internet memudahkan trend esports berkembang dan dinikmati. Penggunaan livestream untuk menonton turnamen ataupun komunikasi komunitas menjadi lebih erat dan cepat. Hal inilah yang membantu informasi game sebagai jalur prestasi mudah diterima oleh masyarakat.

Sekian bahasan faktor – faktor pendukung esports Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia. Mudah – mudahan dengan bahasan ini, kamu mengerti bahwa posisi game ini sekarang tidak tiba – tiba mendapat dukungan, tapi dengan perkembangan perlahan dari fans, publisher dan juga banyak pihak lain yang peduli akan Mobile Legends.