Esports dan Mobile Legends di Debat Presiden

Esports dan Mobile Legends di Debat Presiden

April 25, 2019 0 By kabylake

Pada debat presiden terakhir lalu, topik esports terutama untuk Mobile Legends, DoTA 2 dan PUBG telah muncul. Hal ini tentu mengagetkan banyak orang. Dalam pemabahasan ini satu sisi menganggap hal seperti esports ini penting untuk diberi dukungan karena mampu membuka peluang anak muda untuk alternatif prestasi dan penghasilan. Di sisi lain, pembahasan ini terasa kurang pas diangkat pada debat presiden karena fokus ekonomi yang lebih luas masih ada dan dirasa lebih penting. Sebagai contoh saja seperti pertanian dan pangan.

Sejak pemabahasan debat ini, banyak diskusi yang muncul dalam masyarakat Indonesia. Diskusi ini tentu bercampur antara diskusi sehat dan yang toxic. Sebagai gamer, banyak orang merasa terapresiasi soal ini. Tapi di sisi lain, banyak juga yang menyayangkan bahasan ini mendapat pers yang negatif.

jokowi jessnolimit

Kebanyakan comment – comment di YouTube ataupun media sosial lain tentang esports dalam debat ini terasa negatif. Banyak orang mengatakan bahwa urusan pangan dan kondisi pendapatan masih lebih penting dari pada soal dunia kompetisi game. Banyak orang juga menganggap presiden yang mendukung game Mobile Legends dan esports ini hanya akan memberikan contoh yang buruk bagi anak – anak.

Tentu saja diskusi ini tidak bisa dibilang jelas siapa yang benar dan siapa yang salah. Kedua pihak memiliki point yang baik, tapi saat berdebat dan berdiskusi, emosi lebih bergerak daripada logika. Pendukung tentu tidak mau pihak yang mereka banggakan terlihat jelek, jadi mereka melemparkan hal – hal negatif pada kubu lawan.

Esports memang pada kenyataanya sedang berkambang, banyak bisnis yang mulai bergantung pada hal ini untuk menghasilkan uang. Anak muda yang kreatif tentu bisa memanfaatkan outlet ini untuk karir. Dari segi prestasi, esports juga sudah mulai dipertandingkan. Jika hal ini berkembang terus, para atlet esports bisa sekelas atlet olah raga profesional lain.

Para orang tua tentu tidak akan menghentikan anak – anaknya yang mengambil hobi bola dan tumbuh dari situ menjadi atlet. Tapi sekarang para gamers bisa mendapatk kesempatanya yang sama. Pandangan satu kubu sayangnya tidak melihat hal ini.

Di sisi lain, topik esports adalah hal yang sungguh kecil dibahas sebagai penggerak ekonomi Indonesia sekarang ini. Walau tingkat Mobile Legends download tinggi, hal ini sebagai konsumen untuk saat ini. Di masa depan hal ini tentu bisa berubah, tapi pada hari ini, masalah pangan dan pendapatan terlihat lebih cocok untuk didalami. Pengangkatan topik esports untuk sementara ini terkesan hanya untuk menarik para kaum muda yang terasa dekat dengan hobi game ini.

jokowi prabowo

Walaupun begitu, banyak orang yang mendukung sisi serius ekonomi secara sengaja atau tidak sengaja menghina dan menjelekan dunia esports secara general. Hal ini tentu terkesan hostile pada perkembangan zaman. Dunia esports di Indonesia pada tahun 2017 sampai 2019 ini cukup mendapatkan perhatian dari pemerintah dan bisa tumbuh besar seperti sekarang. Hal ini berkat bantuan pemerintah dan juga para gamer di Indonesia.

Tentu pemilihan presiden ini penting bagi masa depan Indonesia, tapi ingat selalu bahwa esports ini adalah potensi yang tidak boleh dilupakan. Walaupun sekarang masih kecil dan belum signifikan membantu ekonomi, jika sudah besar seperti esports Korea Selatan ataupun China, tentu yang diutungkan adalah pihak Indonesia juga.