Efek Esports Piala Presiden Pada MLBB Indonesia

Efek Esports Piala Presiden Pada MLBB Indonesia

April 5, 2019 0 By vidi

Jika berbicara tentang event esports Mobile Legends terbesar di Indonesia, tentu Anda akan menyebutkan Piala Presiden. Tidak disangka sudah beberapa hari berlalu sejak tim Onic Esports mendapatkan piala kemenangan dari event esports nasional ini.

Jika dilihat lebih dekat, antusias komunitas Mobile Legends Indonesia tentang turnamen ini sangat tinggi. Menpora bahkan mengakui kesuksesan event ini tidak luput dari dukungan para fans dan juga antusias para gamer di seluruh Indonesia.

Setelah kesuksesan tingkat nasional ini, tentu pihak ada efek tersendiri pada komunitas, game dan juga para pelaku esports secara general. Dalam Piala Presiden ini, pemerintah sepertinya turut berpartisipasi secara aktif membuat event ini makin sukses. Presiden Jokowi sendiri pada awalnya ingin hadir menonton final walaupun berhalangan saat dikonfirmasi.

Hal ini menunjukan bahwa antusiasme esports Mobile Legends tidak lagi sesuatu yang niche tapi sudah mulai merambah ke mainstream. Perubahan ini bisa mendatangkan banyak efek positif, diantaranya:

Perusahaan Besar Akan Lebih Tertarik dengan Esports

Piala Presiden Jokowi

Piala Presiden

Kesuksesan event besar ini tentu bisa jadi tambang uang yang baik bagi para perusahaan besar. Perusahaan seperti Indofood dan Dua Kelinci adalah contoh kecil perusahaan besar yang sudah mulai mau menjadi sponsor team esport Indonesia.

Jika hal ini berkembang, para perusahaan besar ini pasti akan mau mengeluarkan uang yang lebih besar untuk mendukung esports dalam negeri. Semakin banyak uang yang masuk dalam esports negara ini, makin banyak juga player yang tertarik mengambil karir sebagai pro gamer. Hasilnya esports Indonesia makin berkembang.

Atlet Esports Lebih Diakui

Piala Presiden

Piala Presiden sebelumnya adalah pertandingan bola belaka. Tapi dengan adanya esports Piala Presiden, atlet esports berarti diakui sepantaran dengan atlet sepak bola. Hal ini tentu baik bagi komunitas gamer di Indonesia.

Selain hal – hal logis di atas, beberapa teori efek kesuksesan event ini juga banyak muncul di komunitas. Teori – teori ini antara lain:

  • Mobile Legends Characters Asal Indonesia, contoh saja Mobile Legends hero dengan tema dari kisah Gajah Mada.
  • Lebih Banyak Event Bertema Indonesia Dalam Game, Misal untuk merayakan hari Kartini atau Skin batik khas Indonesia.
  • Moonton Membuat Event Mobile Legends Besar di Indonesia, Misal seperti Turnamen World Cup Mobile Legends dengan lokasi Indonesia.

Hal – hal di atas tentu ada yang bersifat harapan, tapi dengan kesuksesan event sebesar Piala Presiden hal ini tentu tidak aneh. Di negara seperti Filipina dan Thailand, esport juga sudah besar. Tapi dari jumlah fans dan gamer yang antusias akan Mobile Legends, jumlahnya tentu lebih besar Indonesia. Jadi tidak luput kemungkinan jika event Piala Presiden membuktikan bahwa banyak gamer Indonesia yang menyukai game moba mobile ini.

Jika Moonton melihat jumlah gamer dan antusias komunitas di Indonesia, mereka tentu tidak akan membiarkan hal ini. Mudah – mudahan saja, Moonton lebih memberi hadiah khusus pada fans-nya di Indonesia.