China Tempat Terbaik Untuk Wanita Esports

China Tempat Terbaik Untuk Wanita Esports

April 6, 2019 0 By vidi

Walaupun memiliki pemerintahan dengan dasar komunis, China adalah tempat yang paling baik untuk perkembangan dunia esports secara umum. Di tanah China, banyak pemain esports yang diakui dan tentunya memiliki penghasilan besar. Jika dibandingkan dengan pemain esports di Indonesia tentu sangat jauh.

Atlet esports di sana juga tergolong tidak dibeda – bedakan berdasarkan game yang ia mainkan. Jika Anda mendengar diskusi komunitas barat tentang atlet esports, Anda pasti mendengar diskriminasi antar pemain. Contoh yang paling jelas adalah saat membandingkan atlet DoTA 2 dengan Mobile Legends. Walaupun sama – sama pemain moba, atlet esports Mobile Legends lebih sering disepelekan.

Diskriminasi ini untungnya tidak terlihat di tanah China. Walau toxicity dalam komunitas tetap tinggi di game – game kompetisi, para pemain pro dipandang lebih hormat tidak perduli game yang dimainkan dan juga gender-nya.

China women 1

gametweeps

Di negara – negara barat, gamer perempuan masih sering disepelekan karena games biasanya lebih didominasi oleh pria. Namun di era modern ini, status ini sudah tidak benar. Games bisa dimainkan siapa saja tanpa melihat golongan ataupun latar belakang.

Contoh yang paling baik dari hal ini adalah banyak-nya tim – tim yang terdiri dari player perempuan di untuk esports Mobile Legends Bang Bang di sana. Game moba mobile ini tentu lebih mudah diakses dibandingkan dengan game moba PC, tapi hal ini bukan berarti skill – skill atlet esports perempuan ini lebih rendah.

Jika Anda bertanding melawan salah satu player pro ini, dijamin Anda bisa kalah jauh. Skill ini tentu bukan hanya talenta natural yang dimiliki oleh pemain esports perempuan itu. Di China, para pemain pro perempuan mendapatkan akses pada academy khusus games dan juga pelatihan untuk menjadi pemain pro.

Di sana para pemain pro tidak belajar otodidak seperti di Indonesia. Banyak orang di China yang menganggap esports sebagai kesempatan serius mendapatkan prestasi dan juga sebagai karir. Jika dibandingkan, China sudah menganggap esports sebagai salah satu cabang kompetisi setingkat dengan olahraga. Jadi mereka menganggap games ini dengan serius.

China women 2

gametweeps

Atlet olahraga tentu sekarang sudah tidak membedakan antara prestasi perempuan dan prestasi laki – laki. Jadi semisal salah tim Mobile Legends Bang Bang dengan anggota semua perempuan mampu menjuarai event besar, mereka juga akan mendapat respek yang sama dengan tim olahraga pada umumnya.

Bagaimana menarik bukan faktanya? Mudah – mudahan saja budaya kesetaraan dalam esports ini dapat menyebar ke berbagai negara lain. Di Indonesia pemain esports Mobile Legends: Bang Bang memang sudah ada, tapi hal ini masih jarang. Jika budaya seperti di China tumbuh di Indonesia, kita pasti akan mendapatkan lebih banyak tim yang memiliki anggota perempuan atau terdiri dari hanya perempuan. Mudah – mudahan hal ini bisa cepat terwujud di segera!