Sering Main Mobile Legends Berbahaya Bagi Otak?

Sering Main Mobile Legends Berbahaya Bagi Otak?

October 24, 2019 0 By vidi

Sakit akibat bermain Mobile Legends sering kali kita dengan dari orang-orang yang pernah mengalaminya. Sakit kepala, pusing, mual, mata minus, sampai dampak psikologi sering dikaitkan apabila terlalu sering bermain Mobile Legends. Hal ini membuat sebagian masyarakat Indonesia menyalahkan game kembangan Moonton yang sedang booming ini. Mobile Legends dianggap menyebabkan penyakit fisik sampai dampak psikologi bagi para pemainnya.

Mata kering adalah salah satu dampak penyakit fisik akibat terlalu sering bermain Mobile Legends. Itu terjadi karena mata kurang istirahat dan harus terus menatap ponsel ketika bermain game MOBA ini. Jika mata mulai kering dan terasa sakit, player bisa istirahat sejenak untuk memproduksi kembali kadar air mata. Tidur bisa jadi solusi  dari masalah ini atau player bisa memakai obat sakit mata seperti insto untuk mengatasinya.

youtube

youtube

Penyakit anemia juga bisa saja jadi disebabkan oleh player yang sering begadang untuk main Mobile Legends. Rumor yang beredar, para top player sering bermain di malam  hari hingga menjelang pagi dan itu diikuti oleh player biasa. Harapannya sederhana, player biasa bermain di malam hari agar mendapat teman main satu tim yang jago. Tapi karena terlalu sering begadang, tak heran jika player mengalami anemia atau kurang darah.

Maag atau Tipes juga bisa terjadi karena player Mobile Legends bermain sampai lupa waktu untuk makan. Saking serunya atau saking ambisiusnya, ada saja player yang main Mobile Legends dari pagi hingga sore. Tak sedikit player yang seperti ini malah kena penyakit maag atau bahkan Typhus karena telat makan. Untuk, itu disarankan agar player jangan terlalu ambisius untuk menaikan tier Rank dan ingat waktu makan.

Jika penyakit fisik mungkin terjadi dan bisa diterima dengan akal sehat karena pengalaman yang bersangkutan. Lalu bagaimana jika ada informasi yang mengatakan bahwa sering bermain Mobile Legends akan berbahaya bagi otak? Apa yang terjadi pada otak apa bila kita terlalu sering bermain Mobile Legends? Bagi yang tidak percaya, silahkan menghiraukan namun bagi yang penasaran silahkan lanjutkan membaca.

Menurut salah seorang pakar Neurologi yang bernama Charles Duhigg, sesuatu yang diulang-ulang akan jadi kebiasaan. Di dalam tengkorak manusia ada sebuah benjolan sebesar bola golf yang dinamakan ganglia basal. Nah ganglia basal ini adalah salah satu bagian otak yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan habit atau kebiasaan. Sederhananya, jika player terlalu sering bermain Mobile Legends, maka isi ganglia basalnya hanya Mobile Legends saja.

MLBB

MLBB

Jika sudah seperti itu, jangan heran jika hari demi hari selalu dijalani dengan aktivitas bermain Mobile Legends. Ketika sudah menjadi habit atau kebiasaan, maka bermain Mobile Legends tidak bisa dikontrol oleh diri. Sederhananya lagi, player akan susah untuk berhenti main Mobile Legends seperti para perokok yang sulit berhenti merokok. Solusinya, player bisa bermain Mobile Legends namun jangan lupakan kepentingan lain dan tanggung jawabnya.

Tidak apa-apa bermain Mobile Legends asal tidak lupa ibadah, tidak lupa belajar, dan tidak lupa bekerja. Bayangkan jika setiap hari aktifitas kita hanya bermain Mobile Legends saja, kira-kira benarkah hidup kita? Bayangkan jika uang yang dimiliki dihabiskan seluruhnya untuk top-up diamond, apakah hidup kita jadi benar? Maka dari itu, mari kita renungkan apakah kita sudah terlalu fanatik dengan game Mobile Legends atau dalam batas wajar.