Heboh Surat Cinta dari Moonton, Ada yang Salah?

Heboh Surat Cinta dari Moonton, Ada yang Salah?

July 1, 2019 0 By vidi

Kabar terbaru datang dari Moonton, yaitu tentang Surat Cinta yang akan dikirimkannya kepada pihak-pihak yang menggunakan logo tanpa izin. Seperti yang kita ketahui bersama, Moonton telah berhasil menguasai pasar game jenis MOBA Mobile di Indonesia. Game buatannya bernama Mobile Legends: Bang Bang berhasil menciptakan komunitas yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Ini tentu jadi lahan pendapatan yang luar biasa bagi Moonton.

Kali ini, Moonton tidak datang dengan kabar update baru Mobile Legends, tetapi ancaman surat cinta yang dilayangkannya. Mulai hari ini, Moonton akan menindak secara tegas pihak mana pun yang menggunakan logo atau hero dalam Mobile Legends Bang Bang tanpa izin. Surat cinta ini akan dilayangkan dan diproses secara resmi.

Mobile Legends Intercity Championship

moonton

Jadi, setelah pengumuman ini, komunitas tak bisa lagi menggunakan banner jasa joki, jualan skin atau diamond, membuat case smartphone, dan lain-lain. Yang jelas, Moonton benar-benar melarang penggunaan semua artwork yang dimilikinya. Meskipun ada yang ingin menggunakan artwork tersebut, mereka harus meminta izin resmi pada Moonton.

Kabar ini pertama kali diketahui dari instagram @noppy960. Melalui instastory yang diunggahnya, Noppy Anggraeni yang merupakan Community Manager dari Moonton Indonesia membuat pemberitaan yang sangat mengejutkan ini. Dari postingan tersebut, seperti yang telah dijelaskan di atas, pihak Moonton akan memberikan peringatan kepada akun-akun jualan yang menggunakan Logo Mobile Legends atau artwork lainnya. Sementara untuk akun sosmed yang sifatnya informatif, seperti info soal MLBB atau guide hero, tidak akan mendapatkan masalah. “Surat Cinta” resmi hanya akan berlaku untuk akun-akun yang sifatnya jualan.

Lalu, bagaimana tanggapan komunitas? Tentu saja mereka merasa sangat keberatan. Keputusan terbaru yang diambil Moonton ini sangat fatal karena bisa saja mematikan usaha orang lain. Kini, beberapa pengusaha yang selama ini menggunakan artwork dari Mobile Legends Bang Bang tak bisa lagi memasarkan usaha mereka melalui akun media sosial mereka.

 CEO Louvre Angkat Bicara Perihal “Surat Cinta”

moonton

moonton

Tak hanya heboh di kalangan masyarakat, CEO Louvre, Erick Herlangga, juga angkat bicara mengenai hal ini. Erick kembali mengungkapkan fakta yang mengejutkan bahwa Moonton sendiri belum mendapatkan hak cipta resmi dari logo permainan Mobile Legends tersebut. Fakta baru tersebut ia ungkapkan pada unggahan instastory pribadinya.

Hal ini tentu menjadi semacam kebingungan bagi komunitas Mobile Legends Bang Bang. Bagaimana mungkin orang bisa mendapatkan “Surat Cinta” atau surat peringatan karena menggunakan logo mobile legend tanpa izin? Sementara logo tersebut memang masih belum mendapatkan hak cipta dari instruksi terkait.  CEO Louvre melalui update instastory miliknya juga memberi himbauan kepada para komunitas yang menggunakan logo Mobile Legend. Jika mereka dimintai denda karena menggunakan merk tanpa izin, Erick meminta komunitas untuk menanyai balik pihak Moonton, apakah merk tersebut memang sudah mendapatkan hak paten atau belum?

Di sisi lain, Noppy Angraeni juga menjelaskan bahwa ancaman “Surat Cinta” ini berniat baik untuk melindungi logo resmi sekaligus aset MLBB. Saat ini, pihak Moonton sendiri sedang melakukan sweeping pada akun media sosial yang menggunakan produk MLBB, diamond, joki, skin, dan sebagainya yang mencantumkan logo MLBB.

Menurut Anda, apakah keputusan Moonton untuk melindungi aset dan desain resmi MLBB sudah cukup tepat? Tentu ini masih menjadi pro kontra. Sebelum akun Anda terkena masalah, sebaiknya hapus dulu hal-hal yang berkaitan dengan logo MLBB, terutama untuk Anda yang menggunakan logo tersebut dalam hal jualan.