Efek Positif Kecanduan Main Game Mobile Legends

Efek Positif Kecanduan Main Game Mobile Legends

October 25, 2019 0 By vidi

Kecanduan Main Game Mobile Legends seringkali diidentikan dengan kenegatifan yang katanya berdampak pada pribadi seseorang. Dampak pribadi tersebut meliputi kesehatan fisik hingga kecerdasan pikiran yang menurun akibat terlalu sering bermain Mobile Legends. Selain itu, Mobile Legends kerap kali disebut sebagai pemutus tali silaturahmi antar kerabat dekat. Alasannya karena orang yang bermain Mobile Legends susah diajak ngobrol dan membuat komunikasi jadi terhambat.

Memang benar apabila ada orang yang bermain Mobile Legends hingga mengalami masalah kesehatan fisik bahkan sampai sakit. Namun, itu bukan semata-mata kesalahan game kembangan Moonton ini tapi juga salah player yang tidak bisa menjaga kesehatannya. Benar juga jika ada orang yang kecerdasan pikirnya menurun atau lola karena keseringan bermain Mobile Legends. Namun itu juga bukan semata-mata kesalahan game tapi karena player juga tak mau belajar untuk mencerdaskan diri.

MLBB

Jadi semua hal buruk yang dirasakan player, yang katanya karena terlalu sering main Mobile Legends tidak sepenuhnya benar. Bagaimana mungkin game bisa mempengaruhi pemainnya jika bukan pemainnya sendiri yang memutuskan untuk terpengaruh. Game tidak bisa membuat pemainnya mengalami sakit fisik jika bukan karena pemainnya sendiri yang tidak menjaga kesehatan. Game ini tidak bisa mempengaruhi orang lain untuk malas kerja jika bukan orang tersebut yang memutuskan untuk malas.

Rasanya tidak bijak apabila kita menilai sesuatu hanya dari sudut pandang kacamata pribadi saja tanpa reframing. Padahal kalau kita melihat dari sudut pandang lain, ada hal positif yang bisa kita lihat dari orang yang kecanduan Mobile Legends. Orang yang kecanduan Mobile Legends tidak pernah mengganggu fasilitas umum atau berbuat onar di muka umum. Mereka hanya sibuk memainkan game di smartphone dan membuat keadaan sekitar aman atau baik-baik saja.

MLBB

MLBB

Orang yang sedang putus cinta pun bisa mengembalikan moodnya dengan cara bermain Mobile Legends. Bahkan orang tersebut bisa tiba-tiba lupa dengan kesedihannya saat bermain Mobile Legends. Seketika ia akan berubah ekspresi entah tertawa karena lucu atau marah karena kesal akibat bermain Mobile Legends. Bisa dibilang  Mobile Legends adalah sebuah terapi emosional bagi orang-orang yang memahaminya.

Mobile Legends juga membantu para talenta baru untuk menjadi atlet esports dengan penghasilan yang lumayan. Ditimbang jadi pengangguran, bermain Mobile Legends tentu lebih menarik karena punya potensi untuk jadi seorang atlet. Selain itu, Mobile Legends juga mengajarkan banyak hal bagi para player yang mau memikirkannya dalam-dalam. Contohnya, Mobile Legends mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama tim untuk mencapai suatu tujuan yang dinamakan kemenangan.

youtube

youtube

Ada juga dampak positif lain yang dari bermain Mobile Legends dan sulit dideteksi oleh kebanyakan orang. Secara tidak langsung, Mobile Legends memberikan banyak relasi pada player karena mempunyai fitur chat untuk berkomunikasi. Ada yang bertemu dengan partner bisnisnya di chat game Mobile Legends ketika bermain. Ada pula yang bertemu dengan kekasihnya karena memberikan skin atau item keren pada player lain yang disukainya.

Kecanduan Mobile Legends tidaklah selalu buruk karena buruk atau tidaknya bisa dilihat dari kacamata masing-masing. Mobile Legends ibarat pisau yang bisa bermanfaat namun juga bisa merugikan tergantung penggunaanya. Pisau bisa bermanfaat jika digunakan untuk memotong sayuran dan bisa merugikan jika digunakan untuk melukai. Menurut Anda, apakah Mobile Legends lebih banyak manfaatnya atau lebih banyak merugikannya?