Hero-Hero Ini Pernah Dapat Rework Mobile Legends!

Hero-Hero Ini Pernah Dapat Rework Mobile Legends!

April 9, 2020 0 By vidi

Game dengan jenis MOBA tentu akan sering mengalami perbaikan hero di dalamnya. Hal ini bertujuan supaya hero-hero yang ada di dalam game tidak terlalu OP (overpowered), tidak ngebug, sehingga permainan menjadi balance. Mobile Legends termasuk game yang rutin melakukan perbaikan setiap bulan. Salah satunya adalah melakukan rework Mobile Legends atau pengerjaan ulang, yang digunakan untuk menaikkan reputasi hero-hero yang jarang sekali digunakan di pertandingan.

 

Dilansir dari gamebrot, kotakgame dan dailyspin, terdapat perbedaan antara rework dengan buff atau nerf. Rework adalah melakukan pengerjaan ulang hero secara keseluruhan, atau mengubah seluruh efek dari skill seorang hero. Sedangkan buff atau nerf hanyalah perubahan statistik di dalam game. Misalnya attack hero dikurangi dari 100 menjadi 90, itu dinamakan nerf. Jika attack hero ditambah dari 100 menjadi 110, itu dinamakan buff.

 

Hal-hal tersebut di atas lazim terjadi di game Mobile Legends. Ada banyak hero hero rework Mobile Legends, berikut adalah beberapa diantaranya.

 

Miya

MLBB

 

Mungkin beberapa dari kalian tidak mengetahui kalau Miya dahulu pernah dilakukan rework. Ketika rework, skill Miya diubah secara keseluruhan. Dahulu skill pasif dari Miya tidak menambah attack speed, tetapi dapat menembak 3 musuh sekaligus. Skill 1 nya dapat menembakkan burung-burung kecil yang dapat digunakan untuk memberi damage pada musuh. Kemudian skill ultimatenya yang mirip dengan milik Moskov dapat ditembakkan secara global dengan tambahan efek beku.

 

Nana

nana mobile legends

MLBB

Hero Nana telah dua kali mengalami rework. Dahulu, Nana memiliki movement speed lebih saat ia berlari keluar dari pertempuran. Namun, hal ini justru membuat Nana terlalu OP dan tidak terkejar. Alhasil hero Nana dilakukan rework untuk pertama kalinya, dengan mengubah skill pasifnya menjadi memberikan tambahan gold setiap 10 detik kepada para pemain. Setelah itu, dilakukan rework lagi untuk bonekanya di skill kedua, dan juga skill ultimatenya.

 

Gatotkaca

sea games mlbb 1

MLBB

Rework yang dilakukan untuk Gatotkaca ini menjadi salah satu rework di Mobile Legends yang paling sukses. Setelah dilakukan rework, Gatotkaca tidak hanya menjadi lebih OP, namun juga masuk ke dalam META season 10. Rework yang dilakukan membuat Gatotkaca menjadi salah satu musuh yang paling dibenci hero dengan role Marksman, karena hero Marksman yang menyerangnya kemungkinan besar pasti mati.

 

Rafaela

 

Rafaela adalah salah satu hero dengan role Support yang pernah di rework. Skill pasif Rafaela dahulu hanya memberikan tambahan movement speed pada teman satu tim dan efek slow pada musuh. Kini, Rafaela rework Mobile Legends dapat membantu bahkan pada saat ia mati. Ia akan memberi tambahan heal kepada teman satu tim dan true damage pada musuh, sehingga Rafaela jauh lebih berguna baik sebelum maupun setelah ia mati di permainan.

 

Hayabusa

 

Assassin yang satu ini terbilang sangat OP, baik sebelum maupun sesudah dilakukan rework. Hayabusa ini termasuk hero yang licin dan damagenya sakit. Rework yang dilakukan untuk hero ini, mengubah skill satu miliknya menjadi bumerang dan skill dua menjadi dash. Hayabusa masuk ke jajaran hero META di awal season 10. Namun sayangnya hero ini di nerf pada pertengahan season 10, membuatnya menjadi jarang dipakai di mode Rank.

 

Akai

 

Akai adalah salah satu hero Mobile Legends yang sudah ada pada awal season 1. Dulunya, Akai sangat mirip dengan Po di film Kungfu Panda. Mungkin karena itulah proses Akai rework Mobile Legends, tidak hanya skillnya secara keseluruhan, namun juga tampilannya.

 

Gord

 

Gord adalah hero dengan role Mage yang dahulu hampir tidak pernah dipakai. Skill 1 nya terbilang susah untuk mengenai target, dan skill ultimatenya mengharuskan ia untuk berdiam diri selama menembakkan laser. Hal ini membuat Gord menjadi sasaran empuk untuk para Assassin. Namun pada akhirnya terdapat Gord rework Mobile Legends di skill satunya, yang menjadikannya bisa melakukan stun terus-menerus. Kini ia termasuk sebagai salah satu hero yang paling mengesalkan di Mobile Legends.

 

Sun

 

Fighter yang satu ini hampir selalu dihujat ketika dipilih untuk bermain. Sun pernah mengalami rework satu kali, yang sayangnya menjadi rework yang gagal. Rework yang dilakukan justru menghilangkan satu-satunya skill untuk melarikan diri. Sun termasuk hero yang sulit ditaklukkan. Mungkin hanya 1 dari 10 orang saja yang mengetahui cara menggunakannya.

 

Itulah beberapa hero Mobile Legends yang pernah mendapatkan rework. Ada yang sukses, ada yang gagal. Menurut kamu, hero rework Mobile Legends mana lagi nih Sobat Gamers yang perlu dilakukan?