Cara Counter Pick Mobile Legends yang Harus Diketahui

Cara Counter Pick Mobile Legends yang Harus Diketahui

May 21, 2020 0 By vidi

Cara Counter Pick Mobile Legends

Salah satu cara untuk menangkal strategi dari tim lawan adalah dengan menerapkan counter pick. Istilah ini biasanya digunakan untuk counter hero yang saat ini tengah banyak digunakan. Tidak hanya di game MOBA PC seperti Dota 2, konsep ini ternyata juga sangat penting dikuasai oleh para pemain Mobile Legends.

Dilansir dari esports id dan idntimes, taktik ini jarang digunakan oleh banyak pemain Mobile Legends cenderung lebih sering menggunakan hero-hero populer dibandingkan strategi pick hero. Misalnya mereka lebih banned hero-hero OP seperti Ling dan Granger. Padahal jika diketahui counter Ling, Anda tidak perlu melakukan banned terhadapnya.

Kenapa Harus Counter Pick ?

MLBB

MLBB

Tujuan dari counter pick tidak lain supaya hero andalan tim musuh tidak bisa berfungsi secara maksimal. Misalnya hero-hero yang punya dash atau blink tidak akan efektif jika kita counter dengan Khufra. Sebab dia memiliki skill 2 yang bisa membuat lawan tidak bisa menggunakan skill dash atau blink.

Jadi jangan heran kalau Khufra sering menjadi langganan banned di mode ranked ataupun turnamen. Sebab hero-hero lincah seperti Harith, Fanny, dan Gusion tidak akan efektif. Adakah hero lain selain Khufra yang bisa memblokade skill dash dan blink?

Hero yang paling efektif untuk counter hero Harith yang lincah hanyalah Khufra, tapi Anda bisa menggunakan hero-hero disable atau crowd control lainnya. Sebab jenis disable di Mobile Legends ini bermacam-macam seperti slow, stun, morph. Mekanismenya juga beragam seperti Luo Yi dan Aurora.

Dengan mengetahui kemampuan hero yang digunakan oleh tim lawan, Anda bisa mempertimbangkan counter terbaiknya. Misalnya ketika lawan menggunakan Lancelot, Ling, dan Claude, maka hero meta Valir dan Cecilion bukanlah counter yang sangat tepat. Sebab skill mereka mudah dibaca oleh lawan.

Anda sebaiknya menggunakan hero-hero yang bisa memberikan stun secara single target. Sehingga kemungkinan skill Anda untuk mengenai hero-hero tersebut sangat besar. Misalnya counter terbaiknya adalah Hylos, Eudora, dan Chou dimana mereka bisa mengunci pergerakan lawan secara instan.

Contoh lainnya yaitu ketika lawan menggunakan hero mage dengan burst damage tinggi. Dibandingkan Anda harus menggunakan item magic defense tinggi, Anda juga bisa menggunakan hero-hero yang bisa memberikan efek silence seperti Natalia dan Helcurt. Dengan begitu mereka tidak akan bisa spam skill secara sembarangan.

Counter Pick Makro

Dunia Games

Anda tidak hanya bisa counter pick pada satu hero saja, tapi juga bisa melakukannya secara makro atau strategi keseluruhan. Sehingga kamu akan memiliki kemungkinan menang yang sangat besar.

Misalnya ketika tim lawan memiliki komposisi hero yang sangat kuat untuk teamfight, maka Anda harus mempertimbangkan hero-hero yang efektif untuk clear lane. Anda bisa menggunakan hero-hero yang lincah yang bisa split push dengan baik. Misalnya adalah Ling dan Masha.

Contoh lainnya yaitu ketika lawan menggunakan hyper carry Granger yang disupport oleh 1 tank offlane, 1 offlaner, dan 2 support. Anggap saja jika mereka menggunakan Uranus, Valir, Cecilion, dan X.Borg. Maka strategi yang paling tepat Anda gunakan adalah rajin untuk push lane yang kosong.

Dengan begitu Granger yang ditemani oleh 2 support akan rentan diserang oleh assassin. Secara otomatis Uranus atau X.Borg akan membantunya. Ketika lane yang mereka jaga kosong, tim Anda bisa mendorong lane dan menghancurkan turret.

Hero yang paling cocok untuk melakukan split push dengan baik adalah Helcurt, Claude, Ling, dan Masha. Sementara hero lain yang bertugas untuk bertahan adalah Alice, Diggie, dan Nana yang ditemani oleh tank. Proses tarik ulur seperti ini akan membuat kecepatan push dari hyper carry berkurang.

Terlebih konsentrasi mereka juga akan terbagi-bagi yaitu untuk bertahan dan menyerang. Bila salah satu meninggalkan barisannya, Anda bisa menyerangnya. Sehingga hero hyper carry juga bisa dengan mudah untuk dilumpuhkan.

melakukan counter pick bukan berarti Anda sudah pasti bisa memenangkan permainan. Sebab ada faktor lain yang akan menentukan efektivitas counter pick hero seperti cara bermain dan laning di early game. Gold yang terlalu jauh juga akan membuat tim Anda kesulitan untuk epic comeback.

Pada dasarnya Anda harus memiliki pengetahuan yang luas seputar Mobile Legends. Selain skill mekanik, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai sill makro. Counter pick Mobile Legends hanya salah satu cara saja untuk memperbesar kemungkinan untuk menang.