Permainan Mobile Legends Banyak Kontroversi, Benarkah?

Permainan Mobile Legends Banyak Kontroversi, Benarkah?

November 11, 2020 0 By admin

Sobat gamers pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan Mobile Legends yang saat ini sangat populer di berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga dewasa memainkan game ini. Pasalnya, tidak hanya seru game ini juga bisa dimainkan bersama teman sehingga lebih asik saat push rank.

Dibalik kesuksesannya tersebut, tentu terdapat sejarah yang cukup panjang dan berbagai kontroversi. Apalagi Moonton merupakan salah satu pelopor game MOBA yang sangat sukses. Inilah sekilas tentang Mobile Legends yang harus kalian tahu.

Baca Juga: Tingkah Absurd Kaesang Pakai Layla di Ranked Match ML

Sekilas Tentang Mobile Legends

permainan mobile legends

Permainan Mobile Legends (Uraian)

Moonton sebagai pencipta Mobile Legends sejak awal memang menargetkan pasar mereka untuk pengguna smartphone. Tidak seperti game MOBA lainnya, Moonton mengembangkan game yang bisa dimainkan melalui smartphone.

Tentu hal ini sangat berpengaruh pada kesuksesannya karena terbukti sekarang Mobile Legends banyak dimainkan oleh semua kalangan usia. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang memiliki PC tapi semua orang memiliki smartphone. 

Bermain game melalui ponsel lebih nyaman untuk sebagian orang karena dapat dilakukan dimana saja. Berbeda halnya dengan bermain melalui PC yang harus di tempat tertentu.

Kalian dapat mengunduh permainan Mobile Legends gratis baik di IOS maupun Android. Sejak peluncuran perdananya pada tahun 2016, MLBB telah menarik perhatian banyak orang dan menjadi top game di berbagai belahan dunia.

Namun sayangnya, meski dapat diunduh secara gratis masih banyak orang yang memodifikasi aplikasinya secara ilegal. Hal ini karena memang untuk menggunakan hero, skin, maupun emblem dalam game tersebut harus membeli menggunakan diamond atau battle point.

Baca Juga: Efek Seandainya Game Mobile Legends Diharamkan

Kontroversi MLBB

permainan mobile legends

Permainan Mobile Legends (Kontroversi)

Sejarah Mobile Legend yang panjang juga tidak luput dari berbagai kontroversi yang menimpanya. Sejak diluncurkan, MLBB memang sukses menuai perhatian para gamers namun juga menimbulkan banyak kontroversi.

Salah satunya adalah mengenai hak cipta hero pada game ini. Satu developer MOBA lainnya pernah menuntut Moonton atas kasus plagiat. Developer tersebut mengklaim bahwa Moonton menjiplak hero dari game yang mereka kembangkan.

Akan tetapi, sebelum itu Moonton pun sudah mengantongi hak cipta untuk hero-heronya dari Justia. Hero pada kedua game yang dipermasalahkan pun sebenarnya memiliki detail yang tidak serupa.

Kontroversi lainnya muncul saat mantan karyawan Moonton membeberkan masalah internal perusahaan tersebut di Reddit. Ia menuliskan bahwa Moonton bukan perusahaan yang baik karena penuh dengan seksisme, rasisme, hingga kebijakan yang diskriminatif. 

Tentu saja adanya postingan tersebut sempat membuat geger para penggemar game ini. Namun, akhirnya akun yang mengaku mantan karyawan Moonton tersebut hilang dan isu ini pun mereda. 

Dibalik kesuksesannya, permainan Mobile Legends memang mengalami banyak hal mulai dari menuai pujian hingga kebencian. Namun, melalui perjalanan yang panjang tersebut mampu membawa Mobile Legend menjadi top global game hingga saat ini.

Itulah berita terbaru seputar Mobile Legends yang sampai saat ini masih saja ada yang namanya pedebatan terkait game seru yang satu ini. Bermain boleh saja namun, jangan melupakan kewajiban yang semestinya kamu kerjakan ya gaes.