Harapan Besar Clara Mongstar Untuk Esports Indonesia

Harapan Besar Clara Mongstar Untuk Esports Indonesia

August 11, 2020 0 By admin

Clara Mongstar yang merupakan seorang shoutcaster profesional asal Indonesia dikenal punya banyak pengalaman di dunia esports. Hampir semua posisi sepertinya pernah dicoba oleh gadis pecinta hewan satu ini, mulai dari pemain, manager, hingga sekarang menjadi shoutcaster.

Mongstar pun mengungkapkan harapannya untuk industri esports Indonesia. Dari sisi industri caster asal Purwokerto ini berharap industri kedepannya esports Indonesia semakin dewasa. Selain itu bertambah ramainya penggiat di esports serta muncul bibit – bibit baru sebagai regenerasi atlet esports menjadi hal lain yang diharapkan Clara Mongstar.

Sementara itu ketika ditanya harapannya untuk penonton esports, Mongstar menjawab “Yang aku harapkan masyarakat awam mulai terbuka, kalau esports bukan sekedar main-main tapi ini juga sebuah bidang baru sama seperti olahraga biasa. memang tidak semua orang bisa sukses di esports, tapi tidak menutup kemungkinan ini adalah kesempatan untuk mereka.

clara-mongstar-esports-indonesia

Clara Mongstar – eSports Indonesia

Seperti kita tahu esports merupakan sesuatu hal yang baru untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Terutama untuk mereka yang merupakan generasi X, mereka menganggap esports hanyalah sekadar permainan yang membuang waktu.

Selain itu melihat masih banyaknya diskriminasi gender dalam industri esports ini, Clara Mongstar juga berharap kalau kedepannya hal seperti ini harus mulai ditinggalkan. Kita harusnya mulai objektif melihat seseorang dalam dunia esports karena kemampuannya dalam game. Bukan lagi karena gender apalagi paras.

Masalah diskriminasi gender ini sebenarnya bukan hanya terjadi di Indonesia, esports global pun masih dipenuhi dengan permasalahan diskriminasi gender. Banyak atlet esports profesional bergender perempuan yang merasakan hal ini.

Bahkan nama panggung Mongstar sendiri berasal dari Nickname-nya di dalam game yaitu “monster”. Mongstar mengaku menggunakan nickname tersebut agar tidak ada yang mengetahui kalau dia seorang perempuan.

Menurut gadis 26 tahun ini, alasannya adalah karena dia tidak mau dianggap akan membebani tim, atau bahkan malah hanya akan digoda dan diejek jika pemain lain mengetahui dia adalah seorang perempuan.

INDOESPORTS pun sependapat dengan pendapat Clara Mongstar. Kedepannya hal seperti ini harusnya berkurang dengan semakin banyaknya pemain profesional perempuan yang masuk ke dunia esports.

Bagaimana pendapat Sobat Gamers? Jangan lupa tulis di komentar ya.