Waspada dengan Filipina Esports SEA Games 2019

Waspada dengan Filipina Esports SEA Games 2019

May 2, 2019 0 By vidi

Walaupun memiliki tim unggulan yang kuat, kompetisi ASEAN Games depan sepertinya tetap menjadi halangan bagi Indonesia. Dua negara dengan time sports kuat akan ikut bertanding dan bisa dibilang lebih kuat daripada tahun sebelumnya. Kedua negara ini adalah Thailand dan Filipina.

Esports Indonesia tentu sekarang ini sedang kuat. Game yang menjadi andalan Indonesia sekarang ini adalah Mobile Legends. Piala Presiden adalah bukti bahwa kompetisi game Mobile Legends di Indonesia sudah mulai serius demi menghadapi kompetisi esports internasional lainnya.

Pemenang event Piala Presiden lalu adalah tim ONIC Esports yang tentu sudah tidak asing lagi ditelinga para fans esports Indonesia. Tim ini memang memiliki prestasi yang tidak bisa diremehkan. Pada beberapa waktu lalu sebelum berkompetisi di Piala Presiden, tim ini sudah melumpuhkan tim unggulan Malaysia dan Singapura di turnamen antar negara yang disponsori oleh Moonton.

sea games mlbb 1

MLBB

Di region Asia Tenggara, Thailand dan Filipina memiliki banyak player kuat dan bahkan diakui dunia Internasional. Banyak juga perusahaan game besar seperti PUBG bahkan melakukan investasi khusus pada negara – negara ini untuk uji coba server PUBG Lite yang merupakan client PC gratis dari game ini.

Budaya game di kedua negara ini juga cukup kuat. Di Filipina terutama, event – event esports sudah mendarah daging. Jika kamu mengikuti cerita banyak berita esports, tim yang berasal dari Filipina selalu mendominasi di region ASEAN. Mulai dari DoTA 2, LoL, CSGO, PUBG dan masih banyak lagi. Mobile Legends hanyalah game yang bisa dibilang lemah di sana. Jika dibandingkan esports Mobile Legends di Filipina setingkat dengan Mobile Legends Indonesia dan Thailand.

Walaupun seimbang, pada event ASEAN Games, Filipina akan jadi tuan rumah. Hal ini tentu akan memberi boost pada tim Filipina untuk berjuang lebih keras di kandang sendiri. Para penantang juga tentu harus menghadapi masalah moril di panggung besar besok.

sea games mlbb 1

MLBB

Tim ONIC tentu sudah biasa bertanding di panggung esports, tapi tim ini perlu persiapan khusus agar mampu berpenampilan baik di esports tingkat ASEAN ini. Tim yang tidak biasa mendapat perhatian masyarakat luas tentu mudah grogi dan juga mudah terpengaruh atmosfir penonton.

Pada event pertandingan esports ASEAN Games, penonton live tentu akan lebih besar dari Indonesia. Masyarakat di sana lebih mengakui esports sebagai jalur kompetisi serius, jadi penonton yang rela datang langsung ke lokasi pasti lebih banyak. Penonton yang banyak tentu akan memberi pressure lebih bagi para atlet esports penantang Filipina. Jika tim ONIC tidak bisa mengatasi tekanan ini, mereka tentu akan terperosot dalam performanya di pertandingan.

Pemerintah sepertinya sudah menyiapkan paket pelatihan dan karantina khusus bagi atlet gamer Indonesia ini. Mudah – mudahan usaha persiapan ini efektif dalam mendukung performa tim ONIC merebut medali di kategori esports Mobile Legends Bang Bang ini.