Banyak yang Tidak Sadar Akan Pentingnya Esports

Banyak yang Tidak Sadar Akan Pentingnya Esports

May 1, 2019 0 By vidi

Bagi para gamers, sekarang ini merupakan era yang cukup menyenangkan dan fantastis. Esports yang sebelumnya hanya populer di luar negeri sekarang mulai populer dan berkembang subur di tanah air. Hal ini tentu terbukti dengan suksesnya Piala Presiden esports turnamen pada beberapa waktu lalu.

Walaupun berita kesuksesan esports merupakan hal yang pantas dirayakan, masyarakat Indonesia secara luas masih tidak mau mengakui hal ini. Banyak masyarakat mainstream masih memandang kompetisi esports ini sebagai hobi semata dan bukan sebagai jalur karir yang baik untuk para gamers berprestasi.

sea games mlbb 1

MLBB

Pada debat presiden beberapa waktu lalu, Pak Jokowi mengangkat bahasan ini. Hal yang dibahas pada waktu itu adalah perkembangan ekonomi dan teknologi digital. Pertanyaan yang diangkat adalah bagaimana sikap pasangan Prabowo – Sandy soal perkembangan esports Mobile Legends: Bang Bang.

Hal ini tentu menimbulkan reaksi masyarakat. Banyak fans gamer bangga topik ini dibahas, tetapi disisi lain banyak yang komplain. Orang yang complain ini lebih mengatakan bahwa bahasan game tidak sepantasnya diangkat pada debat presiden.

debat presiden esports

Topik esports sebetulnya penting untuk dibahas. Esports sekarang setingkat dengan olahraga. Para atlet esports tentu harus mendapatkan dukungan sebaik atlet olahraga lain. Opini masyarakat tentu akan negatif jika para atlet sepak bola Indonesia ataupun atlet pencak silat-nya ditelantarkan oleh pemerintah.

Jalur esports sebagai karir tentu adalah hal yang sulit dicapai untuk para gamer rata – rata, tapi jika tidak didukung, mau dibawa kemana para atlet yang sekarang ini sudah memiliki prestasi? Banyak orang biasanya masih salah paham akan pembahasan dukungan ini.

Di sisi lain, mendukung dunia esports sebetulnya bisa jadi alternative lapangan kerja baru bisa muncul. Contoh saja, sanggar pelatihan untuk atlet esports. Jika olahraga lain ada sanggar pelatihan yang bisa muncul sebagai bisnis, mengapa esports tidak bisa?

jokowi prabowo

Jika dunia esports sukses di tanah air, budaya game tentu akan makin populer. Hasilnya creator game juga bisa tumbuh subur di negeri ini. Selain itu service yang disediakan anak dalam negeri untuk transaksi tentang game esports ini juga bisa jadi jalur karir. Contoh jasa seperti Unipin Mobile Legends tentu akan makin sukses jika esports Mobile Legends makin baik.

Jika ingin industri kreatif sukses tentu masyarakat harus juga mau berkembang. Esports yang merupakan outlet prestasi, tolong jangan dihina. Jika para orang tua menahan sisi prestasi anaknya, tentu yang rugi adalah si anak itu sendiri.

Tentu bermain game yang berlebihan itu buruk, tapi orang tua juga wajib mengarahkan. Jika dibandingkan anak yang suka main bola dan pulang malam hari tentu akan dimarahi walaupun ia bercita – cita jadi atlet sepak bola. Hal ini juga berlaku untuk anak yang ingin jadi atlet esports game Mobile Legends.