Mobile Legends, Membangun Esports dari Game Mobile

Mobile Legends, Membangun Esports dari Game Mobile

March 15, 2019 0 By kabylake

Jika berbicara game yang sukses sisi esportsnya di Indonesia, tentu banyak orang menyebut tentang game Mobile Legends. Game ini tentunya tidak asing bagi para gamers Indonesia karena player basenya cukup besar. Walaupun begitu pertumbuhan game ini menjadi esports tentu sulit dipercaya bagi orang luar.

Sebelum hobi gaming bisa diterima oleh mainstream dan teknologi smartphone tidak secanggih sekarang, game mobile seperti Candy Crush dan Angry Bird tentu lebih sering muncul. Hal ini membuat para gamer memandang game mobile sebagai game casual.

Hal ini tentu berubah beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan teknologi membuat lebih banyak game bagus sekarang bisa dimainkan di gadget mobile. Nah, diantara game bagus ini, Mobile Legend muncul sebagai game moba pertama di platform mobile yang menjadi populer.

Loncat ke tahun 2018 lalu, pengaruh game moba Moonton ini diumumkan masuk menjadi kategori game esports untuk SEA Games 2019. Hal ini membuat khalayak mainstream akhirnya mendengar perkembangan ini dan mulai tertarik dengan dunia esports. Pada akhirnya di 2019 ini, banyak tournament berukuran besar muncul di Indonesia dengan suara yang lebih keras.

Sebagai contoh saja Piala Presiden untuk Mobile Legends, HSL JD.ID 2019, MLBB Intercity Tournament dan MPL Season 3 adalah beberapa tournament yang sedang atau akan berjalan di awal tahun 2019 ini.

piala presiden mobile legend

Event esports di atas tidak bisa dikatakan kecil, para pendaftar dan management yang menyelenggarakannya tentu serius. Moba yang awalnya tumbuh dari mobile ini sekarang menjadi cabang sekelas DoTA 2 dan Counter Strike Global Offensive di Indonesia.

Kejadian ini sebetulnya tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara di ASEAN seperti Thailand dan Filipina juga memiliki komunitas esports yang besar untuk game Mobile Legends. Tapi jika dibandingkan dunia barat, game moba mobile ini masih diremehkan dan tidak terlalu besar.

Karena interest di area ASEAN ini lebih besar, dukungan Moonton untuk membuat banyak tournament di area ini juga lebih kuat. Jika kamu ingin sukses sebagai pro gamer, tidak ada salahnya mencoba download Mobile Legend dan ikut salah satu turnamen yang diadakan dekat – dekat ini.